Address
Jalan Jayagiri XIX No. 17B, Dangin Puri Kelod, Denpasar Timur, Bali 80234

Work Hours
Monday to Friday: 8AM - 5PM
Weekend: 10AM - 3PM

Home Whtasapp Phone Scroll Top

Anargya Foundation

Lembaga Bantuan Hukum

Butuh Bantuan Hukum?

Lembaga bantuan hukum Anargya

Lembaga Bantuan Hukum Anargya memulai pelayanan bantuan hukum pada tahun 2018 diinisiasi oleh Prof. Dr. dr. Jahja Alex Pangkahila, M.Sc., Sp.And. dan Edward Pangkahila, SH dibawah naungan badan hukum Yayasan Anargya yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dengan akte pendirian Nomor AHU-000080.AH.01.05.Tahun 2014. Yayasan Anargya terdaftar sebagai Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Kementerian Sosial RI dalam memberikan layanan perawatan untuk orang dengan Penyalahgunaan zat.

Keadilan Untuk Semua Orang

Lembaga Bantuan Hukum

Lembaga bantuan hukum1

Membantu perseorangan yang sedang menghadapi kasus hukum

Lembaga bantuan hukum Anargya saat ini fokus pada kasus-kasus orang dengan gangguan penyalahgunaan zat yang berhadapan dengan kasus hukum (non litigasi dan litigasi) baik itu penyalahgunaan maupun kepemilikan narkotika dengan jumlah kepemilikan narkotika yang diatur dibawah SEMA (surat edaran Mahkamah Agung) N0. 4 Tahun 2010.

Melakukan pendampingan klien dari awal proses penangkapan, penyidikan dan persidangan. Tujuan dari pendampingan tersebut dengan harapan orang-orang dengan masalah penyalahgunaan zat yang sedang berhadapan dengan hukum dapat terpenuhi hak-hak kesehatannya dan memperjuangkan putusan rehabilitasi bagi klien yang benar-benar murni sebagai pecandu narkotika berdasarkan dari hasil rekomendasi asesmen yang diambil pada proses penyidikan.

Dari serangkaian pekerjaan dalam mendampingi klien sudah ada beberapa putusan pengadilan yang dihasilkan adalah klien mendapatkan putusan di Rehabilitasi di pusat layanan Rehabilitasi Yayasan Anargya sesuai dengan amanat UU 35 Tahun 2009 yaitu menempatkan penyalahguna dan pecandu narkotika di layanan rehabilitasi baik rehabilitasi medis maupun rehabilitasi sosial.

Anargya Foundation

JENIS - JENIS LAYANAN DI LEMBAGA BANTUAN HUKUM ANARGYA

Lembaga Bantuan Hukum3

NON LITIGASI

Layanan yang mencakup penyediaan Jasa Konsultasi Hukum dan Penyelesaian Sengketa melalui mediasi, terutama terkait dengan kasus pidana narkotika dan kasus pidana umum. Saat ini Lembaga Bantuan Hukum Anargya sudah memiliki Perjanjian kerjasama dengan Balai Permasyarakatan Kelas 1 Denpasar dan Lembaga Permasyarakatan Kelas II Kerobokan dalam memberikan layanan non litigasi.

Membantu perseorangan yang sedang menghadapi kasus hukum atau perseorangan yang sudah selesai menjalani masa hukuman melalui media edukasi dan informasi yang berikan secara kelompok terutama mengenai hak-hak yang dimiliki oleh orang  yang berhadapan dengan kasus hukum narkotika dan kasus kriminal umum lainnya. Dengan harapan dengan diberikannya edukasi dan informasi perorangan tersebut dapat menentukan langkah-langkah hukum yang akan diambilnya sesuai dengan UU yang berlaku dan terhindar dari kriminalisasi yang kerap terjadi pada perseorangan dengan kasus penyalahgunaan/kepemilikan narkotika dan kriminal umum lainnya,

Anargya Foundation

PROSES PENGADILAN/LITIGASI

Menangani sengketa dalam litigasi meliputi penanganan Sengketa Hukum yang telah masuk ke Projusticia di semua tingkatan dan tingkatan pengadilan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia :

  1. Yurisdiksi Pengadilan Umum / Peradilan Umum (Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Keluarga, Hukum Agraria)
  2. Penundaan Pembayaran Hutang, Sengketa HKI / Hak Atas Kekayaan Intelektual (Hak Kekayaan Intelektual)
  3. Tindak Pidana Korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang / AML (Anti Pencucian Uang)
  4. Yurisdiksi PA / Pengadilan Agama (Pengadilan Islam)  

Lembaga bantuan hukum Anargya saat ini fokus pada kasus-kasus orang dengan gangguan penyalahgunaan zat yang berhadapan dengan kasus hukum (non litigasi dan litigasi) baik itu penyalahgunaan maupun kepemilikan narkotika dengan jumlah kepemilikan narkotika yang diatur dibawah SEMA (surat edaran Mahkamah Agung)